Jenis online assessment untuk karyawan

Jenis online assessment untuk karyawan
Source : Google

Jenis online assessment untuk karyawan – Assessment atau penilaian kompetensi yang bertujuan untuk mengetahui informasi terkait kemampuan dan kompetensi setiap peserta didik. Hal ini juga berguna untuk mengetahui kecocokan kandidat karyawan dengan pekerjaan dan lingkungan perusahaan.

Untuk lebih memahami berbagai online assessment ini, berikut ulasan jenis online assessment untuk karyawan :

Performance Assessment

Performance Assessment merupakan suatu jenis assessment yang mengharuskan peserta didik untuk mengidentifikasi pengetahuan dengan berbagai situasi yang diinginkan.

Product Assessment dan Self Assessment

Product Assessment merupakan penilaian keterampilan karyawan dalam menciptakan suatu produk tertentu. Sedangkan Self Assessment hanya dilakukan oleh setiap peserta didik untuk kepentingan mengelola kegiatan belajar mengajar. Dan hasil akhir assessment ini berupa penilaian sikap.

Penilaian Portofolio dan Proyek

Assessment jenis ini merupakan suatu tugas dalam bentuk pengumpulan data, pengorganisasian, presentasi serta evaluasi dari penyajian data.

Setelah mengetahui beberapa jenis assessment yang umum digunakan berikut beberapa tes assessment yang sering digunakan dalam perekrutan karyawan :

1. Tes Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif berguna untuk mengetahui kecerdasan umum dan kemampuan kandidat. Misalnya untuk mengetahui cara berpikir, mudah mempelajari hal baru atau tidak dan juga bagaimana dalam mencari solusi dari suatu permasalahan.

2. Tes Kepribadian

Tes Kepribadian cukup sering dilakukan oleh suatu perusahaan. Hal ini secara khusus untuk mengetahui sifat kepribadian kandidat yang relevan dengan pekerjaan yang ada. Dengan tes ini perekrut dapat mengetahui apakah kandidat cocok dengan pekerjaannya atau tidak.

3. Tes Integritas

Tes integritas mengukur serangkaian kecendrungan kebiasaan atau prilaku kandidat. Umumnya tes ini untuk mengetahui kandidat yang cenderung melakukan pekerjaan kontraproduktif seperti terlambat, penipuan bahkan melakukan pencurian.

4. Tes Fisik

Tidak semua bidang melakukan tes ini. Tes fisik berguna untuk mengetahui kemampuan fisik seseorang dari segi kekuatan dan juga ketahanan. Umumnya tes ini hanya dilakukan untuk pekerjaan yang memerlukan kekuatan fisik dalam bekerja.

5. Tes Kecerdasan Emosional

Tes Kecerdasan Emosional berguna untuk mengetahui bagaimana cara kandidat mengatur emosi dalam bekerja. Kecerdasan emosional dapat terlihat dari rasa empati terhadap rekan kerja, kemudahan saling membantu dalam pekerjaan, dan juga bagaimana cara bekerja sama dalam tim.

Itulah beberapa jenis online assessment dan juga contoh assessment dalam rekrutmen karyawan. Agar bisa menghadapai assessment dengan baik, pelajari setiap jenis tes dengan baik ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *