Inovasi Kreatif Sebagai Media Pembelajaran Online

Kondisi dunia saat ini menuntut pembelajaran online  berlangsung secara masif. Sebab dengan adanya pandemi juga menyebabkan berbagai instansi pendidikan untuk untuk melangsungkan pembelajaran online. Berbagai kendala pasti ditemui baik dari sisi para guru ataupun para siswa. Untuk para guru menghidupkan suasana pembelajaran online yang menarik perhatian para siswa menjadi tantangan tersendiri di era online seperti ini. Kemudian untuk para siswa ataupun peserta didik mengalami kendala dalam memahami materi pembelajaran online karena perlu penyesuaian untuk mereka beralih dari pembelajaran yang biasa menggunakan perangkat konvensional seperti buku pegangan tangan. Maka dari itu diperlukan inovasi kreatif dan menarik sebagai media pembelajaran online.

Pemanfaatan Teknologi Video Sebagai Media Pembelajaran Online

Pemanfaatan teknologi video bisa menjadi solusi yang bisa para pengajar sekolah yaitu bapak ibu guru manfaatkan. Dengan video, guru dapat mengkomunikasikan dan memberikan materi pengajaran yang baik dan lebih hidup melalui layar laptop.  Sehingga para siswa juga bisa belajar dan menangkap materi dengan  mudah karena animasi video yang menarik dan menyenangkan. Dari gambar-gambar animasi siswa bisa merekam dengan mudah materi yang guru sampaikan. Hal tersebut juga beriringan dengan kebiasaan para generasi Z yang yang berdasarkan Laporan dari Hootsuite on Digital Report Indonesia 2020 dalam dunia digital menghabiskan 83% untuk streaming video.

Solusi pembelajaran digital terdapat pada aplikasi e-elarning dengan Learning Management System yang sangat sering sekolah manfaatkan yaitu https://campusnet.id/.

Penggunaan video juga mampu menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk berbicara secara tidak langsung kepada peserta didik dengan bahasa yang mereka pahami shari-hari. Teknologi video ini sudah menjadi bagian dasar dalam proses pendidikan modern dan termasuk sarana pembelajaran yang aktif dan kolaboratif meksipun berjarak jauh.

Karya kolaboratif

Dengan adanya kemajuan teknologi dan inovasi, berbagai pihak publik serta swasta di sektor pendidikan juga merangkul konsep belajar di mana saja serta kapan saja dengan bentuk digital. Berbagai tutor dan pelatihan online tersedia untuk distribusi video. Masyarakat pun dapat dengan mudah melihat sajian konten berbasis pendidikan. Platform aplikasi video online memudahkan dan memberikan pemahaman kepada masyrakat bahwa belajar dapat menjadi rutinitas keseharian yang asyik dalam sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *