Hal yang penting untuk kamu perhatikan ketika kamu menulis konten blog, website atau menjalankan bisnis digital ialah kata kunci yang kamu gunakan dalam konten. Kamu harus memastikan bahwa kamu sudah melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten. Tujuannya adalah supaya konten kamu bisa memenangkan posisi pada mesin pencarian seperti Google, serta membantu mensukseskan internet marketing strategies.
Penggunaan kata kunci yang tepat, akan membuat konten kamu mampu bersaing dengan konten yang lainnya sehingga bisa berada di halaman pertama Google. Lalu, bagaimana cara riset kata kunci yang benar supaya kontenmu bisa memenangkan pencarian? Yuk simak penjelasan berikut.
Cara Riset Kata Kunci yang Benar Supaya Bisa Memenangkan Hasil Pencarian
Tetapkan Goal atau Tujuan
Sebelum melakukan riset kata kunci, kamu perlu kamu menetapkan goal atau tujuan terlebih dahulu. Apakah kata kunci yang kamu bidik bertujuan untuk memperoleh pengunjung sebanyak–banyaknya atau untuk mendapat pembeli yang potensial. Kamu harus memahami, bahwa tanpa goal atau tujuan yang jelas, pencarian kata kunci akan sulit.
Baca Juga Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page?
Cari Kata Kunci Dasar
Setelah kamu tetapkan tujuan utama, selanjutnya cari kata kunci dasar yang relevan dengan tujuan yang ingin kamu capai. Kata kunci dasar atau short tail keyword biasanya terdiri dari satu sampai dua kata saja. Contoh kata kunci dasar untuk bisnis, misalnya yaitu jual beli, penjualan, toko murah, toko offline, cara jualan, barang murah, dan sebagainya.
Cari Long Tail Keyword
Long tail keyword merupakan kata kunci turunan yang lebih lengkap dan detail dari kata kunci dasar yang sebelumnya kamu tentukan. Untuk mencari long tail keyword, kamu bisa menggunakan tools riset kata kunci. Tools tersebut memiliki banyak jenis. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Fitur-fitur yang disediakan juga bermacam-macam. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuha dan sesuaikan dengan budget kamu.
Analisis Tingkat Persaingan pada Mesin Pencari
Analisis tingkat persaingan kata kunci di mesin pencari menjadi poin yang tidak kahal penting dari poin-poin sebelumya. Kamu bisa memanfaatkan keyword planner, keyword tools, atau Google ads untuk melihat seberapa besar tingkat persaingan kata kunci yang kamu bidik. Analisis tingkat persaingan ini juga bisa memungkinkan kamu memperoleh informasi mengenai volume pencarian dari kata kunci yang kamu bidik.
Demikian cara riset kata kunci yang benar supaya konten kamu bisa memenangkan hasil pencarian pada mesin pencari. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat!