Cara Jualan Online Shop di Instagram Bagi Pemula

Jualan online shop di instagram cukup banyak orang lakukan saat ini. Memang selain menjadi platform media sosial, instagram juga bermanfaat bagi para pebisnis online shop untuk menjajakan jualannya. Mereka memanfaatkan akun instagram untuk branding bisnis guna mendapatkan hasil penjualan produk atau jasa secara maksimal.

Cara Jualan Online Shop di Instagram Bagi Pemula

Namun, tak jarang banyak pebisnis pemula yang kebingungan bagaimana cara menggunakan instagram untuk berjualan. Hal ini wajar bila mengingat betapa banyaknya fitur yang disediakan oleh instagram.

Bila Anda adalah salah satu pebisnis pemula yang baru saja memulai untuk berjualan produk atau jasa di instagram, berikut ada beberapa cara jualan online shop di instagram yang harus Anda perhatikan agar mendapat keuntungan.

1. Buat Akun Bisnis

Cara yang pertama adalah buat akun khusus bisnis di instagram. Dengan memiliki akun khusus bisnis, usaha yang Anda jalankan akan terlihat lebih profesional di mata para pengguna instagram lain. Selain itu, melalui akun khusus binis, Anda juga dapat memunculkan profil bisnis sekaligus melakukan iklan lewat instagram ads.

2. Optimalkan Profil Akun

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan berbagai detail yang terdapat di instagram guna mengoptimalkan profil akun bisnis Anda seperti mengunggah foto logo brand  sebagai foto profil. Selain itu, Anda juga perlu mencantumkan jargon, kontak yang dapat dihubungi, link website, dan kategori bisnis.

3. Unggah Foto Produk yang Menarik

Kebanyakan orang menggunakan instagram untuk melihat beragam foto atau video yang menarik. Oleh sebab itu, berilah visualisasi terbaik dari produk yang Anda jual di media sosial ini. Pilih foto yang memiliki kualitas baik dan menampilkan produk Anda dengan jelas. Anda dapat pula menambahkan logo brand, frame, atau watermark yang menarik pada foto produk Anda.

Baca juga: Seberapa Penting Strategi Konten dalam Bisnis?

4. Tulis Caption yang Menarik

Selain menuliskan informasi produk yang Anda jual, caption sebuah postingan bisa Anda kreasikan sesuai dengan teknik penulisan atau persona yang Anda hendaki. Bila target konsumen Anda adalah wanita muda, Anda dapat menggunakan kata-kata seperti sis atau sista untuk membangun persona keakraban antar sesama wanita. Lebih jauh lagi, Anda bisa membuat tulisan caption dengan teknik story telling atau teknik lainnya.

5. Gunakan Hashtag yang Efektif

Bila Anda mengunggah sebuah postingan, usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan hashtag. Hal ini dapat terdeteksi sebagai spam. Gunakan saja hashtag dengan komposisi tiga hingga lima hashtag. Jangan lupa untuk memilih hashtag yang paling banyak orang cari sekaligus unik supaya postingan Anda dapat muncul pada pencarian yang spesifik.

Itulah beberapa cara jualan online shop di instagram yang harus Anda perhatikan agar mendapat keuntungan. Nah, bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait dunia digital marketing, yuk segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Cara Jualan Online Shop di Instagram Bagi Pemula

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *