Cara Bisnis Online di Facebook Tanpa Modal

Sebagai pelaku usaha baru, pastinya anda ingin bisnis yang anda buat segera menjadi terkenal dan banyak pelanggan yang datang. Namun, impian yang ingin anda wujudkan ter-kendala karena tidak adanya modal dalam pemasaran bisnis yang baru anda tekuni. Tetap tenang, karena anda tetap bisa mewujudkan impian anda dengan cara bisnis online di Facebook tanpa modal sepeser-pun.

Cara Mempromosikan Bisnis Online di Facebook Tanpa Modal

1. Buat Tampilan Halaman Facebook yang menarik
Tampilan halaman yang menarik akan mendatangkan customer
Tampilan halaman Facebook  yang menarik akan mendatangkan pelanggan baru

Dengan membuat tampilan halaman Facebook, maka lebih dari 2 miliar pengguna Facebook di dunia dapat menemukan bisnis Anda. Seperti, halnya toko offline yang memiliki rak dan etalase untuk memasarkan dagangannya, maka anggaplah halaman Facebook Anda sebagai etalase digital. Membuat halaman untuk bisnis sangatlah mudah dan tentunya gratis, serta halaman yang sudah Anda buat nanti pastinya akan memiliki tampilan yang menarik baik di perangkat desktop atau pun seluler.

Baca Juga: Mencari Tahu Apa Itu Facebook Marketplace

2. Kembangkan Halaman Facebook dengan mengundang teman dan pelanggan
Mengundang teman dan pelanggan untuk Brand Awareness
Mengundang teman dan pelanggan untuk pengenalan produk atau jasa dari bisnis Anda

Setelah membuat halaman tampilan yang menarik lalu mulailah mengundang pelanggan yang terlihat potensial atau orang lain yang tertarik untuk menyukai Halaman Facebook Anda. Karena, mereka bisa mendukung bisnis Anda melalui interaksi dengan menyukai postingan yang Anda buat atau membagikan konten Anda. Mereka juga bisa membantu dalam membangun kredibilitas dan reputasi dari bisnis Anda, serta memberikan informasi dari bisnis Anda dengan cepat dari orang ke orang lain.

3. Terus berikan info terbaru kepada pelanggan di Halaman Facebook
Pemberian info baru kepada pelanggan
Pemberian info terbaru kepada pelanggan yang sudah terhubung di halaman Facebook

Dengan cara membuat postingan tentang info terbaru mengenai bisnis Anda di Halaman Facebook, merupakan cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan atau pun orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda mengenai aktivitas terbaru bisnis Anda yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya, Anda tetap berusaha untuk berhubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan interaksi Anda dengan mereka dengan memberikan informasi bisnis Anda, pembaruan produk atau jasa, notifikasi acara, dan lain-lain.

4. Bantu Pelanggan Untuk Terhubung ke Produk dan Layanan Anda
Halaman khusus untuk pembelian produk Anda
Pemberian halaman khusus yang memudahkan pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Dorong pelanggan untuk lebih banyak melakukan transaksi dengan fitur Halaman yang disesuaikan untuk jenis bisnis Anda. Seperti dengan menjadwalkan janji temu atau dengan melakukan reservasi, dorong orang untuk mengunjungi toko yaitu, situs web atau halaman produk Anda di tampilkan. Anda juga bisa memberikan tautan ke aplikasi atau game Anda untuk mendorong orang agar mengunduhnya dan melakukan transaksi.

5. Tawarkan Layanan Customer Service Yang Bagus dan Ramah
Menggunakan Messenger untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan
Penggunaan fitur Messenger untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan

Memanfaatkan layanan Messenger untuk pelanggan berkomunikasi mengenai produk atau jasa dengan Anda merupakan hal yang bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan kepada pelanggan Anda. Cara umum dan nyaman ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan atau membantu pelanggan yang bingung dan masih ragu untuk menggunakan produk dan jasa dari bisnis Anda.

Baca Juga:Mencoba Marketplace Facebook sebagai Lahan Baru untuk Berjualan

6. Bagikan Promo Kepada Pelanggan Anda
Pemberian promo terbatas kepada pelanggan
Pemberian promo terbatas kepada pelanggan yang mengikuti Halaman Facebook Anda

Buatlah kupon penawaran dan diskon langsung di Halaman Facebook Anda untuk menginformasikan penawaran spesial dan promo kepada pengikut laman Anda. Langkah ini bisa membantu Anda dalam memikat kembali pelanggan saat ini dan menarik pelanggan baru yang tertarik menggunakan produk atau jasa Anda.

7. Jalin Hubungan dengan Membuat Komunitas
Jalin hubungan dengan pelanggan melalui komunitas
Jalin hubungan lebih dalam dengan pelanggan Anda dengan membuat komunitas

Membuat grup Facebook untuk mempererat hubungan Anda dengan pelanggan, kemudian Anda bisa mengundang pelanggan untuk bergabung dan mulai melakukan diskusi yang relevan dengan bisnis Anda, Anda juga bisa membuat acara yang menarik, dan menyiapkan kalender untuk menyusun semua itu dengan rapi.

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pesan dan terhubung dengan pelanggan secara lebih pribadi. Dengan melakukan percakapan pribadi atau melakukan siaran langsung untuk menjangkau komunitas yang lebih luas serta dapat menjangkau pelanggan yang paling sesuai dengan bisnis Anda nantinya.

Dengan menerapkan 7 Cara seperti di atas diharapkan Anda bisa memulai mengembangkan bisnis Anda. Namun, untuk penerapan jangka panjang dalam pemasaran bisnis Anda, sebaiknya anda juga melakukan promosi menggunakan Facebook Advertisement untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

ss plagiarism
ss plagiarism

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *