Cara Bisnis Online di Facebook Dijamin Sukses

Cara memulai bisnis online
Cara memulai bisnis online di facebook yang perlu

Sebagai pelaku usaha dalam memulai bisnis online pastinya Anda membutuhkan tempat untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda jual kepada konsumen yang tepat. Anda pasti juga bertanya-tanya bagaimana cara bisnis online di Facebook. Dan pastinya Anda sudah memikirkan bahwa menggunakan platform online yaitu Facebook untuk menjadi platform pemasaran Anda. Berikut ini merupakan cara bisnis online di Facebook yang pastinya akan membawa kesuksesan.

1. Identifikasi Target Audiens Anda

Mengidentifikasi dan mencari tahu target dari produk atau jasa yang Anda tawarkan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebagai pelaku usaha. Anda bisa memulainya dengan mulai menentukan usia, lokasi, pekerjaan, dan mengapa produk atau jasa yang Anda tawarkan baik bagi mereka. Pendekatan ini merupakan pendekatan melalui jalur demografi dan merupakan cara bisnis online di Facebook yang efektif

Anda bisa menggunakan Audience Insights yaitu berupa layanan yang mewarkan kepada Anda untuk menemukan informasi mengenai jenis kelamin, pendidikan, status hubungan, lokasi, bahasa, penggunaan Facebook, dan bahkan pembelian yang sudah pernah terjadi sebelumnya.

2. Buat Halaman Awal Facebook Bisnis Anda

Langkah selanjutnya yaitu mulailah membuat halaman awal untuk bisnis Anda, membuat halaman bisnis ini adalah hal yang mudah dan pastinya gratis.

Mulailah mendaftar halaman bisnis di Facebook.com/business , kemudian pilihlah jenis dari bisnis yang tersedia yang sesuai dengan bisnis Anda, hal ini mencakup bisnis atau tempat lokal dari bisnis Anda, merek atau produk yang Anda tawarkan, dan tujuan atau komunitas dari bisnis Anda. Kemudian lakukan langkah-langkah yang ada saat melakukan pendaftaran. Dan bisnis Anda akhirnya sudah terdaftar dan Anda bisa memulai eksplorasi lebih jauh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: Mencoba Marketplace Facebook sebagai Lahan Baru untuk Berjualan

3. Jual Produk Anda Langsung di Facebook

Anda bisa memulai menjual produk dari bisnis Anda dengan mulai menautkan link untuk pembelian dari produk Anda. Hal ini cukup dengan menambahkan toko ke halaman Facebook. Selanjutnya, pelanggan dapat membeli produk yang Anda jual secara langsung. Dengan menekan tombol tab “Belanja” pada halaman Facebook Anda. Dengan melakukan pengaturan itu, Anda dapat menggunakan Commerce Manager pada Facebook dan Instagram dan bahkan Marketplace untuk beberapa produk.

4. Buatlah postingan yang menarik

Membuat postingan yang menarik merupakan hal yang penting. Menggunakan jasa fotografi dan video profesional untuk mendapat hasil yang bagus merupakan ide yang bagus. Selain membuat artikel dan testimonial  tentang produk Anda dari pelanggan lain. Memanfaatkan fitur Facebook Live, dan siaran video real-time juga menguntungkan karena dapat langsung menghubungkan bisnis Anda dengan calon pelanggan Anda. Memperbarui gambar dan video produk Anda secara teratur juga sangat diperlukan. Serta, Izinkan pelanggan dan audiens untuk berpartisipasi dalam membagikan tautan postingan yang sudah dibuat.

5. Teraturlah Untuk Memperbarui Postingan

Memperbarui konten yang informatif dan berita terbaru dari produk baru yang Anda luncurkan adalah hal yang sangat penting. Anda harus mulai berkomitmen untuk membuat jadwal yang teratur. Sehingga, audiens dan pelanggan Anda tahu setiap hari apa Anda membuat postingan, berapa kali sehari, dan apa konten yang Anda berikan kepada mereka.

Memanfaatkan Facebook Insights juga merupakan ide yang cemerlang karena dapat membantu menentukan waktu terbaik bagi bisnis Anda untuk memperbarui konten. Meskipun postingan tidak selalu muncul dalam urutan kronologis. Konsistensi dan variasi adalah inti dari kesuksesan konten.

6. Berikan Promo Terbatas Untuk Beberapa Produk

Dalam menjalankan bisnis, tidak ada salahnya untuk memberikan promo kepada produk dan jasa yang Anda jual. Apalagi ketika Anda membuat dan meluncurkan produk atau jasa yang baru dirilis. Dalam hal ini, membagikan paket promo kepada audiens baru dan pelanggan yang sudah mengikuti halaman Anda bisa menjadi salah satu hal yang perlu anda kaji. Hanya perlu beberapa menit untuk melakukan hal tersebut. Dan Anda akan menerima hasil yang luar biasa nantinya dalam jangka pendek.

Baca juga: Marketing & Strategi Digital Dalam Meningkatkan Omset

7. Mulai Lebih Intens Dalam Berinteraksi Dengan Pelanggan

Berinteraksi dengan pelanggan Anda adalah hal yang penting dan banyak pebisnis yang kurang memperhatikan aspek ini. Anda bisa memulai hal ini dengan mulai membangun komunitas untuk berbagi hal-hal mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Selain itu, Anda bisa memberikan pelayanan yang baik saat pelanggan bertanya secara langsung kepada Anda. Yang mana, hal ini nantinya akan membuat pelanggan Anda memberikan ulasan mengenai produk Anda secara gratis. Beberapa pos paling populer adalah ulasan produk oleh pengguna tanpa adanya campur tangan penjual.

8. Gunakan Facebook Ads Untuk Menambah Jangkauan Pelanggan

Melakukan iklan menggunakan Facebook Ads merupakan cara yang pasti untuk menarik perhatian ke dalam produk atau jasa yang Anda jual. Yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Facebook Ads dan membayar kepada mereka untuk membagikan konten Anda kepada target audiens yang spesifik. Hal ini membuat iklan Anda akan sampai kepada pelanggan yang berpotensi tertarik untuk mencapai sasaran konversi – yaitu, mengubah orang yang melihat menjadi pembeli.

Meskipun mahal, hal ini juga sepadan dengan hasil yang didapat menurut eMarketer, yang menemukan bahwa 96% pebisnis menganggap Facebook sebagai platform media sosial paling efektif dalam periklanan karena mendatangkan pembeli. Facebook juga menawarkan banyak fitur bagi pebisnis yang iklin beriklan berupa kesadaran tentang merek, keterlibatan pengguna, pemasangan aplikasi, dan kunjungan ke halaman toko Anda.

9. Pantau dan Lakukan Evaluasi Sasaran Pelanggan Facebook Ads

Saat Anda menetapkan Facebook Ads untuk membantu mempromosikan bisnis Anda. Pastinya Anda ingin memastikan apakah itu bekerja sesuai dari harapan yang sudah Anda tetapkan. Memulai hal ini bisa dengan cara memantau kinerja iklan dan menargetkan ulang calon pelanggan yang penting untuk keberhasilan bisnis Anda.

Penargetan ulang ini bertujuan untuk membantu mengetahui jangkauan pemirsa yang terlibat sebelumnya dan pelanggan yang sudah mempertimbangkan untuk melakukan pembelian – mungkin ada juga orang yang sudah memasukkan item ke keranjang mereka tetapi belum membuat keputusan akhir. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan mereka akan item yang masuk wishlist mereka dan mereka bisa mulai membeli hal tersebut.

Menghentikan iklan yang tidak berjalan sesuai harapan dan menyesuaikan iklan untuk memberikan hasil yang lebih baik merupakan hal yang perlu dilakukan saat memantau hasil iklan dari bisnis Anda. Mulailah atur algoritme pengoptimalan bawaan Facebook Ads secara otomatis, yang mana dalam waktu nyata nantinya akan membuat perubahan pada iklan yang Anda buat berdasarkan kriteria kinerja yang Anda tetapkan.

Setelah mengetahui, beberapa cara bisnis online di Facebook yang akan membawa kesuksesan. Diharapkan Anda bisa melaksanakan semua hal ini tanpa mengurangi satupun untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda.

plagiarism
plagiarism

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *