Bedanya Kuliah Online dan Kuliah Offline!

Bedanya Kuliah Online dan Kuliah Offline! – Kabar gembira bagi sebagian orang akhirnya tiba. Rencana pemerintah untuk membuka belajar secara tatap muka pun sudah terencana secara matang dan akan ada di bulan Juli atau tahun ajaran baru. Namun ternyata banyak yang tidak setuju dengan wacana pemerintah karena melihat masyarakat yang terkena virus Covid-19 selalu meningkat setiap harinya. Orang-orang yang tidak setuju, beranggapan membuka sekolah maupun kampus sama saja dengan memperparah pandemi yang terjadi.

Kita tidak akan terlalu jauh membahas mengenai itu, yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu bedanya kuliah online dan offline! Oh iya, untuk kamu mahasiswa angkatan 2020 yang belum merasakan kuliah offline, kamu wajib menyimak artikel ini!

Apa Itu Kuliah Online dan Offline?

Kuliah online adalah kuliah yang terlaksana secara daring atau di rumah saja. Sedangkan kuliah offline adalah kuliah tatap muka atau kuliah yang ada di dalam kampus.

Perbedaan Kuliah Online dan Offline!

  1. Cara Belajarnya

Jika kuliah offline adalah kuliah klasik, dimana pembelajaran akan berlangsung ketikan mahasiswa bertemu dengan dosennya, di kelas, dengan papan tulis, maupun power point. Maka kuliah online adalah kuliah yang dilakukan secara jarak jauh tanpa bertemu satu sama lain. Materi atau bahan ajarnya pun dikemas dengan banyak bentuk. Dan biasanya, kuliah secara online menggunakan aplikasi dengan sistem e-learning. Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut klik link berikut: https://campusnet.id/

  1. Komunikasi

Poin komunikasi menjadi point yang paling berubah drastis. Jika saat kuliah offline komunikasi antara dosen dan mahasiswa terbatas sedangkan komunikasi antara mahasiswa dan mahasiswa lainnya menjadi terbatas. Maka dalam kuliah online, justru itu memungkinkan komunikasi antara mahasiswa dan dosennya dapat terus terjalin. Namun, komunikasi antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya semakin melemah.

  1. Berprestasi

Dahulu, mengikuti sebuah ajang perlombaan dirasa sangat sulit. Karena kuliah bertatap muka tentu saja banyak menghabiskan waktu, juga alur persetujuan untuk lomba pun sangat sulit. Namun ketika kuliah berlaku secara online, kita dapat melakukan ajang perlombaan dengan sesuka hati. Bahkan sekarang banyak lho, perlombaan yang sengaja ada dan bisa kamu ikuti secara online!

Itulah beberapa garis besar perbedaan kuliah online dan offline. Jika kamu memiliki perbedaan lainnya, jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *