Apa Itu Online Marketing Dan Manfaatnya Dalam Bisnis?

Online dan Digital Marketing: Sebuah Perbedaan dan Implementasi Terhadap  Perencanaan Pemasaran - Jurnal

Di era digital seperti sekarang ini terdapat banyak sekali bentuk media pemasaran dan promosi untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari media cetak, media elektronik maupun media online. Banyak pembisnis sekarang ini memilih untuk menggunakan media online yang di anggap lebih efektif dan efisien. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan strategi online marketing melalui internet.

Bagi sebagian besar orang tentunya sudah familiar dengan salah satu jenis pemasaran online yang satu ini. Dengan menggunkan bantuan internet, penggunaan media sosial tentu jauh lebih luas jangkauannya. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan artikel di bawah ini!

Apa itu Online Marketing?

Online marketing atau pemasaran online merupakan sebuah stratagi digital marketing yang menggunakan saluran internet untuk menyebarkan informasi, mengenalkan, dan mempromosikan produk dan jasa. Jenis media yang biasanya di gunakan adalah melalui media sosial, email, periklanan elektronik, optimasi mesin pencari google, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari strategi pemasaran online adalah untuk dapat menjangkau calon konsumen melalui saluran yang mana bisa di akses oleh mereka kapanpun dan di manapun saat mereka ingin menghabiskan waktu untuk membaca, mencari berbelanja dan berkomunikasi secara online.

Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari pemasaran online. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengukur dampak dari saluran yang di berikan dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan saluran media tersebut. Selain itu kamu dapat menghemat waktu dan biaya saat mempromosikan produk atau layanan sehingga lebih efektif dan efisien.

Baca juga pentingnya personalisasi pemasaran

Manfaat Online Marketing Dalam Bisnis

Pemasaran online terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi kelancaran bisnis. Berikut beberapa manfaat pemasaran online yang tidak terdapat dalam pemasaran offline:

Biaya Pemasaran Lebih Murah

Online marketing memiliki keunggulan dalam segi pengeluaran biaya dibandingkan dengan pemasaran yang di lakukan secara tradisional/offline. Misalnya, kamu bisa memajang produk melalui website ataupun e-commerce tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mencetak brosur ataupun majalah sehingga akan menghemat biaya operasionalnya.

Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Salah satu karakteristik internet adalah tidak ada batasan ruang dan dan waktu. Artinya pengguna internet dapt mengakses internet kapanpun dan dimanapun selama masih terhubung dengan jaringan internet. Hal ini bisa menjadi nilai tambah untuk melakukan promosi dan pemasaran produk milikmu.

Kemudahan Memilih Target Pasar

Pemasaran melalui internet memudahkan kamu dalam melakukan segmentasi untuk pemilihan target pasar. Kamu bisa mempromosikan produk atau layanan berdasarkan kata kunci sehingga dapat memudahkan kamu dalam pengelompokan target pasar yang sesuai dengan tujuan bisnismu.

Demikian pembahasan artikel mengenai online marketing dan manfaatnya. Sebenarnya masih terdapat banyak sekali manfaat dan strategi dalam online marketing. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai online marketing, kami bisa bergabung dengan kami di kursus Campus Digital. Di sini kamu akan di ajari oleh para professional di bidangnya. Info selengkapnya di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *