4 Manfaat Storytelling dalam Dunia Digital Marketing

Apakah Anda pernah mendengar bahwa kemampuan storytelling sangat diperlukan oleh setiap pelaku digital marketing dalam membangun sebuah pesan narasi supaya pesan tersebut sampai kepada para pembaca? Sebenarnya apa, sih, storytelling itu? Lalu apa hubungannya dengan dunia digital marketing?

4-Manfaat-Storytelling-dalam-Dunia-Digital-Marketing

Seperti yang telah banyak orang ketahui, secara umum storytelling merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bercerita terkait kisah, peristiwa, tragedi, sejarah, adegan, ataupun dialog. Dengan gaya penyampaian yang khas dari seseorang itu, maka cerita tersebut dapat menarik pendengar atau pembaca. Namun, dalam dunia digital marketing, pengertian storytelling mengalami sedikit pergeseran makna.

Dalam dunia digital marketing, storytelling merupakan kemampuan seseorang dalam mempresentasikan karakter brand dengan menggunakan narasi cerita yang dapat menarik minat dan perhatian dari pembacanya. Dengan demikian, storytelling dalam dunia digital marketing memberikan potensi baru yang dapat menghipnotis pembaca agar tertarik dengan brand yang Anda tawarkan.

Strategi storytelling sangat bisa Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis Anda, sebab terdapat berbagai ragam manfaat yang bisa Anda dapat dari strategi ini.

Berikut merupakan 4 Manfaat Storytelling dalam Dunia Digital Marketing :

1. Storytelling menumbuhkan atensi pembaca

Jika terdapat sebuah promosi produk di akun media sosial yang dalam memprososikan produk tersebut dilakukan secara langsung tanpa basa-basi, apakah Anda akan tertarik? Tentu saja tidak. Anda pasti lebih menyukai promosi produk yang pengemasannya menggunakan sebuah narasi cerita menarik. Begitu pula dengan orang lain pada umumnya. Hal ini terjadi sebab manusia memang cenderung menyukai sebuah cerita, terlebih bila cerita tersebut telah menyentuh level kebutuhan pembaca. Semakin cerita tersebut menarik atensi pembaca, maka semakin tinggi pula kemungkinan pembaca untuk untuk membeli suatu produk ataupun jasa.

2. Storytelling menarik emosi pembaca

Saat seseorang telah mampu melibatkan emosi orang lain dari sebuah narasi cerita, maka seseorang itu dapat mengendalikan orang lain sesuka hatinya. Lebih jauh lagi apabila sebuah narasi cerita bisa menyentuh emosi dan perasaan pembaca, bukan tidak mungkin Anda mampu membangun suatu ikatan yang kuat dengan pelanggan. Oleh sebab itu, Anda dapat menciptakan narasi cerita yang memotivasi, mengharukan, atau yang lainnya tergantung pada target pembaca yang menjadi market Anda untuk menarik emosi mereka.

Baca juga: Kesalahan-Kesalahan dalam Digital Marketing

3. Storytelling meningkatkan fokus pembaca

Menyampaikan citra brand melalui sebuah storytelling merupakan hal yang menarik. Di dunia ini, segala sesuatu yang menarik dapat membuat orang lain menaruh minat dan fokusnya terhadap hal tersebut. Dengan begitu, pembaca akan fokus melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, pembaca juga akan mengganggap bahwa apa yang Anda tawarkan adalah pilihan utama yang harus segera mereka gunakan.

4. Storytelling memberi kesan pada pembaca

Sebuah narasi cerita yang menarik, khususnya yang melibatkan emosi, pasti akan memberi kesan yang mendalam pada pembaca. Dengan menyampaikan narasi dari kisah sukses, menginspirasi, atau menyedihkan, besar kemungkinan akan tercipta kesan dalam benak pembaca. Bila sebuah kesan sudah tertanam dalam benak dan ingatan pembaca, maka pembaca akan selalu ingat dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Itulah 4 Manfaat Storytelling dalam Dunia Digital Marketing yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan bisnis Anda.

Apakah Anda ingin belajar lebih lanjut terkait dunia bisnis? Segera ikuti kursus di Campus Digital. Dengan mengikuti kursus di sini, Anda akan dibimbing langsung oleh para tutor profesional. Yuk, segera daftar dan jadilah bagian dari Campus Digital.

4-Manfaat-Storytelling-dalam-Dunia-Digital-Marketing
 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *