Twitter marketing

Supaya lebih mudah dipahami, kami juga menunjukkan contoh-contoh bagaimana strategi marketing di twitter yang diterapkan oleh berbagai bisnis di Indonesia.

Maksimalkan Profil

Tampilan profil adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Ibarat orang, profil adalah wajah dari usaha Anda. Bagian itulah yang pertama kali dilihat dan menentukan reputasi bisnis Anda.

Username

Strategi Twitter Marketing selanjutnya tidak kalah penting. Pastikan Anda memilih username yang sesuai dengan nama usaha Anda. Perbedaan username dan nama usaha bisa menyebabkan calon klien Anda kebingungan.

Jika memungkinkan, pilihlah username yang pendek. Dengan begitu, Anda kan menghemat karakter tweet. Username yang pendek juga cenderung mudah diingat dan praktis ketika akan disebut di dalam tweet.

Foto profil

Pakailah logo usaha Anda sebagai profile picture Twitter. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan branding dan reputasi usaha Anda.

Jika Anda seorang public figure, blogger, atau content creator, alternatif lain adalah dengan memasang foto profil dengan latar belakang yang bersih. Foto semacam ini akan membuat Anda nampak profesional.

Header Image

Jangan biarkan header image di bagian atas profil Anda kosong. Elemen ini sangat strategis untuk meningkatkan brand awareness.

Ada beberapa opsi untuk menggunakan header image. Anda bisa menggunakan bagian ini untuk memperkuat reputasi usaha dengan memamerkan penghargaan dan pencapaian, promosi dan produk terbaru, atau sekedar tagline.

Header Image

Jangan biarkan header image di bagian atas profil Anda kosong. Elemen ini sangat strategis untuk meningkatkan brand awareness.

Ada beberapa opsi untuk menggunakan header image. Anda bisa menggunakan bagian ini untuk memperkuat reputasi usaha dengan memamerkan penghargaan dan pencapaian, promosi dan produk terbaru, atau sekedar tagline.

Anda bisa juga menambahkan elemen humor, pencapaian, atau hashtag yang terkait usaha Anda. Salah satu contoh Twitter Marketing yang menarik adalah bio milik Netflix Indonesia.

Pastikan Anda hanya akan menulis bio semacam itu ketika branding usaha Anda sudah cukup kuat.

Tweet di waktu yang tepat

Anda ingin tweet Anda mencapai audiens sebanyak mungkin. Itu artinya, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mempublikasikan tweet.

Biasakan untuk aktif di pagi, siang, dan sore hari. Waktu-waktu ini adalah saat audiens Anda mengisi waktu di jalan untuk berangkat ke sekolah atau kantor dan mengisi waktu istirahat makan siang.

Maksimalkan fitur

Twitter tak sekedar konten teks. Kini, ada berbagai macam fitur yang perlu Anda kombinasikan dalam tweet Anda.

Gambar

Menambahkan gambar pada tweet menambah 150% kemungkinan untuk di-retweet. Jadi, jika Anda memang ingin memperluas jangkauan tweet Anda, pastikan Anda menambahkan gambar pada tweet.

Ada dua cara kombinasi gambar ke tweet. Pertama, dengan menambah gambar sebagai ilustrasi konten.

Kedua, menjadikan beberapa gambar sebagai cerita bersambung. Cara ini bisa digunakan ketika Anda memiliki konten yang cukup panjang, tetapi tidak ingin mempublikasikannya dalam bentuk teks.

Video

Jika engagement yang Anda cari, menambahkan video ke tweet akan meningkatkannya hingga 10 kali lipat.

Curi perhatian audiens Anda dengan menunjukkan latar yang menarik, gerakan atau aktivitas, video yang diambil dari jarak dekat, dan juga visual yang membuat penasaran. Jangan lupa sertakan logo bisnis Anda dan orang-orang.

Salah satu contoh unik adalah video yang dirilis oleh @netmediatama. Video dibintangi oleh Bude Sumiyati ini secara implisit menyampaikan pesan damai menjelang pemilu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *